BERBAGI

Goa Kalak : Penemuan fosil manusia purba di Goa kalak menandakan bahwa Pacitan memang menjadi salah satu pusat kehidupan manusia purba di Indonesia, terletak di desa Sendang, kecamatan Donorojo pacitan, Jawa timur Goa Kalak   berada sekitar 30 kilometer dari pusat kota Pacitan.

Goa kalak selain sebagai tempat wisata, dahulu goa ini juga sering digunakan sebagai tempat pertapaan raja-raja di Pulau Jawa. Hingga kini Gua Kalak masih digunakan untuk ritual tertentu, jadi masih sering  terdapat sesajen di dalam gua lengkap dengan dupanya.

Goa yang berusia ratusan tahun ini juga merupakan goa tertua di daerah Pacitan konon juru kunci goa kalak mbah tugiman mulai menjaga goa ini sejak tahun 1965 setelah diturukan dari juru kunci yang pertama.

Untuk wisatawan yang akan berkunjung ke pantai klayar dan Goa Gong jangan lupa untuk mampir di Goa kalak ya, Goa ini berada di tepi jalan raya.

Gua Kalak bisa traveler jumpai di tepi jalan raya menuju ke Pantai Klayar dari Gua Gong. Secara administratif gua ini berada di wilayah desa Sendang, kecamatan Donorojo, sekitar 30 kilometer dari pusat kota Pacitan. Meski lokasinya berada di tepi jalan tapi kebanyakan traveler tidak mengetahui keberadaannya karena posisinya berada di bagian bawah jalan.

Gua Kalak lebih dulu ditemukan ketimbang Gua Gong yang terkenal itu. Bahkan dalam foto-foto Pacitan tempo dulu gua ini sudah dijadikan sebagai tempat wisata sejak zaman Belanda. Yang paling menarik dari gua ini adalah cerita mistis yang menyelimutinya. Konon dahulu Gua Kalak dijadikan sebagai tempat semedi bagi raja-raja kerajaan di Pulau Jawa. Hingga kini Gua Kalak masih digunakan untuk ritual tertentu, pasalnya saat Travelingyuk masuk ke dalam gua ini masih terdapat sesajen di dalam gua lengkap dengan dupa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*