BERBAGI

Goa Gong – Pacitan 1001 Goa sebutan untuk kota yang menyimpan objek wisata yang menawan, terbukti dengan Objek wisata satu ini, Goa Gong terletak di Desa Bomo Kec Punung pacitan  Jawa timur. Berjarak sekitar 37 km ke arah barat dari pusat kota pacitan.

Konon nama Goa Gong diambil karena masyarakat kerap mendengar adanya suara gema tabuhan seperti suara gong yang berasal dari dalam goa. Gong adalah salah satu alat tabuh dalam kesenian gamelan Jawa. Suara seperti gong dari dalam goa ini adalah hasil dari  pantulan tetesan air alam goa yang menimpa batuan stalaktit atau stalagmit goa tersebut.

Goa Gong dikelilingi oleh pegunungan, sebelah utara adalah gunung Manyar, sebelah selatan gunung Karang Pulut, sebelah timur Gunung Gede, dan sebelah barat adalah gunung Grugah. Keempat gunung ini adalah gunung non-aktif.

Di goa gong terdapat 4 sendang yaitu Sendang Kamulyan, Sendang Larung Nisto, Sendang Panguripan, Sendang Jampi Rogo.

Goa ini memiliki kedalaman sepanjang 256 meter dan memiliki stalakmit dan stalaktit berumur ratusan tahun. Goa ini muncul akibat dari aktivitas vulkanik dan gerakan termik yang diperkirakan berlangsung ratusan hingga ribuan tahun silam.

Stalaktit dan stalagmit di Goa Gong Pacitan ini akan mengalami pertumbuhan memanjang melalui proses alami akibat reaksi oksidasi atau reaksi kimia antara udara dengan air. Rata-rata pertumbuhan panjang stalaktit dan stalakit di goa ini berkisar antara 0.1 hingga 0.13 mm per tahun.

Baca Juga : Pentas Bulan Ndadari Yang Ke 4 Akan Segera Digelar

Di Objek wisata Goa Gong ini juga sudah tersedia fasilitas umum seperti toilet, lahan parkir yang luas, mushola, pasar kerajinan, Spot selvie dan Pasar Makanan Khas Pacitan.

Sehingga tidak salah Goa Gong dinobatkan menjadi Goa terindah di Asia Tenggara yang wajib untuk di kunjungi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*