Senjata tradisional Jawa Barat di Baliung : Indoglobenews

Variasi senjata tradisional Jawa Barat unik dan harus dilestarikan

Mengenal berbagai senjata tradisional Jawa Barat merupakan bentuk kecintaan terhadap tanah air dan negara. Sebagai generasi penerus bangsa, pemuda dan pemudi bangsa dapat mengetahui berbagai jenis budaya tanah air agar lebih terpelihara.

Karena itu, warisan budaya tidak akan hilang pada keturunannya nanti. Indonesia sebenarnya adalah negara yang kaya akan budaya. Tak hanya senjata tradisional, banyak juga lagu-lagu daerah, pakaian adat, hingga rumah-rumah adat  dan selama ini dilestarikan demi kemajuan bangsa.

 Senjata tradisional Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat yang merupakan bagian dari pulau Jawa ini memiliki keunikan beragam yang sungguh menawan. Anda dapat menemukan berbagai  peralatan kuno unik  yang akan memukau Anda dari waktu ke waktu.   Di masa lalu, senjata-senjata ini digunakan dalam kinerja kegiatan kerja.

Warga provinsi Jawa Barat memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, mulai dari berburu, bertani hingga sebagai alat perlindungan. Namun, waktu terus berubah. Senjata tradisional tidak lagi digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Keberadaannya sempat dilestarikan dan kini dilestarikan di berbagai museum.

Beberapa jenis senjata tradisional Jawa Barat masih dimiliki oleh masyarakat Sunni. Varietas yang dapat Anda kenali hingga zaman modern ada di sini.

  1. Bedog

Bedog adalah senjata seperti pisau. Ukuran benda ini terlihat cukup besar. Sebagian besar penduduk pulau Jawa pasti sudah tidak asing lagi dengan Bedog. Ukurannya 40 cm dan terbuat dari baja dan besi. Baja dan besi kemudian dihaluskan dan disalurkan dengan cara ditempa.

  1. Kanker

Di antara penduduk provinsi Jawa Barat  ,  senjata tradisional Jawa Barat  disebut ani-ani. Ini adalah objek yang dilengkapi dengan mata pisa di satu sisi  dan tangan kayu di sisi lain. Alat ini digunakan untuk memanensayuran dimulai dengan kangkung. Peralatan ini juga digunakan untuk memanen padi.

  1. Congkrang

Senjata ini, sekilas, mirip dengan tikus. Ukurannya lebih mudah ditangani. Biasanya alat ini digunakan pada perkebunan di bidang pertanian. Kongkrang lebih sering digunakan oleh wanita. Sementara itu, pria lebih sering menggunakan pelacur.

  1. Sulimat

Jawa Barat sangat kaya akan senjata. Sulimat merupakan objek untuk mengupas kelapa dari kulit. Bilahnya runcing dan tajam sehingga bisa digunakan untuk mengupas kulit kepala yang keras.

  1. Emas

Keberadaan benda ini bisa sangat populer di berbagai daerah. Metode ini digunakan dalam kinerja kegiatan sehari-hari. Bilahnya melengkung tajam, dan bentuknya bulan sabit. Kehadirannya digunakan untuk memangkas semak-semak dan rumput.

Fungsi senjata tradisional Kuyang Jawa Barat dan jenisnya

Sejauh ini, Anda harus mengetahui berbagai peralatan sebelumnya dari  berbagai daerah, termasuk provinsi Jawa Barat. Namun sebenarnya, apa kelebihannya? Ada berbagai keuntungan yang bisa digunakan.

Salah satu senjata tradisional Jawa Barat adalah Kujang. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan hal yang satu ini. Ternyata, jenisnya sangat berbeda. Setiap spesies memiliki fungsi yang berbeda- beda. Berikut adalah beberapa fungsi dan jenisnya.

Kujang sudah menjadi alat khas Sundan. Sundan bahkan menganggap benda-benda mengandung magis dan sakral.   Itu sebabnya mereka menyebutnya Hyang atau Kudi, yang merupakan bahasa kuno.

Mereka menganggap Kudi atau Hyang memilikikekuatan gaib. Dalam bahasa Sunda Kuno, Hyang diartikan sebagai dewa. Oleh karena itu, Kujang dianggap memiliki kekuatan di mana kekuatan berasal dari para dewa.

Ukurannya bervariasi. Ada yang 20 cm dan ada yang 25 cm. Benda ini digunakan oleh pria. Sejarawan melakukan penelitian. Hasilnya luar biasa. Mereka mengatakan senjata digunakan pada abad ke-8.  Selama ini  senjata tradisional Jawa Barat memiliki berbagaifungsi seperti:

  1. Alat pertanian

Sebagian orang Sundan menggunakan Kujang untuk pertanian. Mereka juga digunakan untuk  menyebar ke tanaman liar.

  1. Simbol

Senjata Kujang juga belum tentu digunakan dalam pelaksanaan berbagai kegiatan, melainkan sebagai simbol.

  1. Warisan

Senjata-senjata ini juga digunakan untuk melindungi senjata dalam melakukan peperangan.

  1. Perhiasan

Banyak orang di provinsi Jawa Barat sejauh ini memiliki senjata dari masa lalu yang perlu mereka pajang di rumah mereka.

Senjata tradisional Jawa Barat di Baliung

Selain Kujang, Baliung merupakan salah  satu  perlengkapan masa lalu Sunda yang masih disimpan hingga saat ini. Bentuk objeknya seperti kapak, tetapi sudah terlihat sedikit lebih modern. Fungsinya hampir seperti kapak pada umumnya, dan menebang pohon berukuran besar.

Jadi peralatan ini bukan hanya sejarah sebagai peralatan tradisional. Masyarakat Sundani terus melestarikannya bahkan menggunakannya, hingga memasuki zaman modern seperti yang mereka lakukan sekarang. Orang-orang yang sering menggunakannya adalah mereka yang bekerja di kehutanan.

Benda ini memiliki bentuk yang agak unik. Ukurannya mencapai 35 cm jika diukur hingga ke pegangan. Jika dilihat, gagang benda ini sekilas terlihat cukup padat. Jika naik cukup sulit. Dengan cara ini, daya potong yang akan dihasilkannya tentu sangat tinggi.

Anda dapat menemukan sisi balung dengan permukaan yang tajam dan padat. Bagian yang panjang dan tebal kemudian disediakan sehingga goresan dapat diberikan pada kulit pohon untuk ditebang.  Bahkan pohon dengan kulit kayu keras pun bisa tergores menggunakan Baliung.

Bandung Museum Koleksi Senjata Tradisional Jawa Barat

Di berbagai daerah di negara ini, aksesoris tradisional yang digunakan sejak jaman dahulu benar-benar terus dilestarikan. Mereka ditempatkan di museum sehingga   generasi saat ini masih  dapat  menggunakan  dan mempelajarinya.

Nah, ternyata hanya sedikit orang yang tahu bahwa Museum Bandung memiliki koleksi barang-barang bersejarah, termasuk senjata tradisional sunda. Koleksinya banyak dan luar biasa. Mereka dirawat dengan rapi sehingga sangat mudah bagi setiap pengunjung untuk melihat dan mempelajarinya.

Kamu bisa melihat berbagai koleksi senjata perang kuno tepat di Bumi Pakarang Sendour. Museum ini terletak di Arcamanik KOTA Bandung. Museum ini dimiliki oleh Gun Gurnadi. Selain digunakan sebagai museum, juga digunakan sebagai tempat tinggal.

Di lantai satu terdapat lemari kaca dengan berbagai senjata khas provinsi Jawa Barat. Ada Keris, Kujang dan masih banyak lagi. Memasuki lantai dua, Anda bisa melihat berbagai jenis benda yang dipajang di lemari kaca, di dinding, hingga diletakkan di atas meja.

Anda juga akan terkejut ketika memasukkan nomor 3. Berbagai jenis benteng, kuyang dan belati  digambarkan di lantai. Dinding di lantai tiga hampir penuh dengan senjata yang berbeda. Bahkan rak-rak pemiliknya dibuat dengan alasan dindingnya tidak cukup untuk memajang senjata.

Generasi muda dapat mencintai budaya dan tanah air melaluiperan dan melestarikan keragaman  peralatan tradisional. Bahkan, Anda dapat mencoba menggunakannya ketika barang tersebut benar-benar dijual. Selamatkan senjata tradisional Jawa Barat untuk memperbaiki bangsa.

 

Read More :