Beranda Berita Napak Tilas Prajurit Akademi TNI ke Monumen Jendral Sudirman Pacitan

Napak Tilas Prajurit Akademi TNI ke Monumen Jendral Sudirman Pacitan

690
0
BERBAGI

 

Sebanyak 539 Taruna dan Taruni Akademi TNI Tingkat I akan melaksanakan kegiatan Napak Tilas Route Panglima Sudirman (RPS)
yang mulai start di Dusun Melikan Desa Kemuning Kecamatan Tegalombo dan Finish di Monumen Panglima Besar Soedirman,
Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Pacitan.

Kegiatan RPS dimulai dengan di tandai penyerahan duplikat tandu Jenderal Soedirman oleh Bupati Pacitan kepada
perwakilan Taruna Akademi TNI dalam upacara militer yang digelar di Lapangan Peta komplek Makidom 0801/Pacitan.

Bupati Pacitan Indartato dalam amanatnya mengatakan, dirinya atas nama Pemerintah Kabupaten Pacitan mengucapkan
terimakasih dan sangat bangga karena Pacitan terpilih menjadi tempat latihan oleh Taruna dan Taruni Akademi TNI.
“Semoga dengan kegiatan ini nilai nilai kepribadian bisa disalurkan kepada Taruna dan Taruni,” ujarnya, Rabu (12/12/2018).

 

Monumen jendral Sudirman yang terletak di Dusun Sobo, Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan. dengan patung Panglima jendral Sudirman yang berdiri kokoh dengan ketinggian 8 Meter di atas tanah seluas kurang lebih 97,831 meter persegi. Selain itu Anda juga bisa melihat rumah yang terbuat dari kayu dan bambu yang di gunakan untuk bermarkas sang Jendral Sudirman saat melakukan perjuangan melawan penjajah. Rumah ini dahulu di tempati oleh sang Jendral selama 107 hari sejak 1 April 1949 sampai dengan Juli 1949. Di kawasan kompleks ini juga terdapat beberapa fasilitas seperti Lapangan, ruang audio visual, perpustakaan, pasar seni dan cafetaria.

Di Kawasan Kompelks monumen ini Anda juga bisa menyaksikan beberapa relief yang menggambarkan perjalan hidup dan perjuangan Panglima besar jendral Sudirman. Pada relief ini menceritakan sekilas kehidupan beliau mulai dari sekolah, mengaji, memimpin gerilya dan sampai meninggal terceritakan dalan relief yang terbuat dari perunggu tersebut.

Dengan Semangat perjuangan tersebut agar supaya taruna dan taruni bisa menganbil contoh dan pelajaran serta menambah semangat dalam berjuang dan belajar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*