Beranda Berita Festival Rontek Pacitan

Festival Rontek Pacitan

79
0
BERBAGI

Festival Rontek digelar 30 Agustus hingga 1 September 2018. Sebanyak 36 peserta dari 25 desa/kelurahan di Pacitan, turut ambil bagian pada festival yang dimulai dari Jalan A Yani atau depan SMPN 1 Pacitan dan menuju ke arah timur Jl Jendral Sudirman atau depan Gedung Plut.

Rontek menjadi salah satu tradisi budaya yang melekat bagi masyarakat Pacitan. Sebuah tradisi yang identik dengan kegiatan gugah sahur tersebut merupakan salah satu budaya lokal yang dimiliki Pacitan. Festival ini pertama kali digelar pada 2011.

Alat musik utama yang digunakan dalam festival tersebut adalah kentongan bambu yang dipadukan dengan berbagai alat musik seperti gamelan untuk mengiringi lagu-lagu terutama langgam jawa, serta tari-tarian. Tentu saja, para peserta menggunakan kostum yang atraktif dan menarik.

Kreativitas seperti pada karnaval pun juga ditampilkan peserta, seperti membuat tiruan kereta kencana yang diisi pesinden, musik gamelan dan sebagainya. Musik bahkan dikombinasikan dengan saxophone, bass drum, dan pianika.

Masing-masing peserta sebelum menempuh rute perjlanan akan beradu skill dan kemampuan di depan rombongan bupati dan juri. Bahkan sepanjang perjalanan sekitar satu kilometer, para peserta tidak berhenti memainkan musik, menyanyi ataupun menari.

BERBAGI
Artikel sebelumyaPantai Watukarung
Artikel berikutnyaPantai Ngiroboyo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*